Implementasi Metode Value Clarifiation Teahnique (VCT) Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAS Proyek UNIVA Medan

Surbakti, Suhailah Hani (2022) Implementasi Metode Value Clarifiation Teahnique (VCT) Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAS Proyek UNIVA Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_PERPUS.pdf

Download (810kB)
[img] Text
BAB_I_PERPUS.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB_II_PERPUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
BAB_III_PERPUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB_IV_PERPUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BAB_V_PERPUS.pdf

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_PERPUS_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Value Clarification Teahnique (VCT) dalam membina akhlak siswa di MAS Proyek UNIVA Medan, pembinaan akhlak siswa MAS Proyek UNIVA Medan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembinaan akhlak di MAS Proyek UNIVA Medan. Secara khusus untuk mengetahui pembinaan akhlak yang dilakukan oleh guru-guru di MAS Proyek UNIVA Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian ini dilakukan terhadap kepala sekolah, guru akidah akhlak, guru al-hadist, guru bimbingan konseling, guru Ke AlWashliyahan, guru Bahasa Arab, guru Al-Qur’anTafsir,dan tiga orang siswa perwakilan dari kelas X, XI, dan XII. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dalam penelitian yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verification atau penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan uju kreadibility yang meliputi: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, teriangulasi pemeriksaan sejawat, dan analisis kasus negatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Value Clarification Teahnique (VCT) di MAS Proyek UNIVA Medan sudah berjalan aktif dalam melakukan pembinaan akhlak terhadap siswa. Hal ini terlihat dari guru mata pelajaran dalam pencapaiannya dalam melakukan metode diskusi, curah pendapat, berperan main, wawancara. Siswa dalam pencapaiannya juga terlihat dari siswa itu sendiri dari berpakaian islami, sopan, serta lebih aktif untuk memberikan gagasan/ide. Akhlak siswa di MAS Proyek UNIVA Medan dikategorikan cukup baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Value Clarification Teahnique (VCT), Membina Akhlak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:54
Last Modified: 12 Jul 2023 03:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19911

Actions (login required)

View Item View Item