Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Aek Kuasan

Kurniawati, Indah (2023) Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Aek Kuasan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar PAI siswa kelas VII, mendeskripsikan penerapan media video pembelajaran pada mata pelajaran PAI materi thaharah di kelas VII, serta melihat pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Aek Kuasan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 yang merupakan kelas eksperimen dan kelas VII-2 yang merupakan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test berbentuk soal pilihan ganda. Uji validitas menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Kuder Richardson-20 (KR-20). Teknik analisis data mengunakan uji-t. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI materi thaharah masih rendah. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan media video pembelajaran. Media video pembelajaran diterapkan di kelas eksperimen untuk melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI materi thaharah. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh hasil penelitian yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Aek Kuasan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Video Pembelajaran, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:57
Last Modified: 12 Jul 2023 02:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19908

Actions (login required)

View Item View Item