Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Materi Penyimpangan Sosial Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Air Batu Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan

Aswita, Nur (2021) Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Materi Penyimpangan Sosial Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Air Batu Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Benar (3).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permaslahan terkait rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) disebabkan kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran hal ini bisa terjadi karena pengunaan model atau metode pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa,yang masih bersifat teacher centered sehingga hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah model pembelajaran problem based learning bepengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 01 Air Batu kecamatan Air Batu ? penelitian ini bertujuan untuk menungkapkan hasil belajar siswa setelah mengunakan model pembelajaran problem based learning di SMA Negeri 01 Air Batu. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan tes essay yang telah sesuai dengan indikator . berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelaran based learning kelaseksperimen diperoleh nilai posttes rata-rata 72,942857dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 64.171429 . untuk uji t pada posttest diperoleh thitung=36,54 dan ttabel=4.12 dengan demikian apabila thitung>ttabelmaka H1 diterima dan H0ditolak. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran konvensional atau ceramah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Pembelajaran Problem Based Learning.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:07
Last Modified: 11 Jul 2023 08:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19892

Actions (login required)

View Item View Item