Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Cerdas Murni Tembung T.P 2021/2022

Mawardani, Erika Putri (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Cerdas Murni Tembung T.P 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan Guided Discovery Learning pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) kelas X SMA Cerdas Murni Tembung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas X SMA Cerdas Murni Tembung tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas MIPA-1 dan MIPA-2 yang masing- masing kelas terdiri dari 30 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yang diperoleh melalui Purposive Sampling. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yakni dengan tes berbentuk uraian sedangkan intstrumen yang digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa adalah dengan menyebarkan angket. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil analisis data dapat ditemukan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar matematika siswa; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa; dan 4) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap motivasi belajar matematika siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Problem based Learning, Guided Discovery Learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:03
Last Modified: 11 Jul 2023 08:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19891

Actions (login required)

View Item View Item