Upaya Guru BK Dalam Meminimalisir Kejenuhan Belajar Siswa Melalui Layanan Konseling Individu Pasca PTM Terbatas Masa Pandemi COVID-19 Di MTs Negeri 2 Medan

Fadli, Rama (2023) Upaya Guru BK Dalam Meminimalisir Kejenuhan Belajar Siswa Melalui Layanan Konseling Individu Pasca PTM Terbatas Masa Pandemi COVID-19 Di MTs Negeri 2 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (262kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru Bimbingan Konseling dalam meminimalisir kejenuhan belajar siswa melalui layanan konseling individu pasca PTM terbatas masa pandemi Covid-19 di MTs Negeri 2 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Bimbingan Konseling dan beberapa siswa yang mengalami kejenuhan belajar pasca PTM terbatas masa pandemi Covid-19 di MTs Negeri 2 Medan. Objeknya adalah upaya guru bimbingan konseling dalam meminimalisir kejenuhan belajar siswa melalui layanan konseling individu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (counclusion drawing/verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kejenuhan (burnout) belajar siswa pasca PTM terbatas masa pandemi Covid-19 meliputi kelelahan emosi, kelelahan fisik, kelelahan kognitif serta kehilangan motivasi. Sedangkan faktor- faktor yang juga mempengaruhi meliputi faktor internal dan eksternal yang disebabkan oleh kecemasan, kondisi keluarga, suasana kegiatan belajar, serta peralian pembelajaran dari daring ke luring. Sedangkan upaya yang guru Bimbingan Konseling lakukan untuk meminimalisir kejenuhan belajar siswa melalui konseling individu menggunakan teknik wawancara terbimbing,refleksi, brainstorming, role play dan relaksasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru BK, Kejenuhan Belajar, Konseling Individu, Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Jul 2023 05:14
Last Modified: 11 Jul 2023 05:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19876

Actions (login required)

View Item View Item