Efektifitas Metode Picture & Picture Dalam Keterampilan Menulis Puisi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV MIS Muhajirin Medan Polonia

Suhaili, Asri (2022) Efektifitas Metode Picture & Picture Dalam Keterampilan Menulis Puisi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV MIS Muhajirin Medan Polonia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER ASRI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB I ASRI.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II ASRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB III ASRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV ASRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB V. ASRI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ASRI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Picture & Picture dalam keterampilan menulis puisi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MIS Muhajirin Medan Polonia. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dirancang dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan metode Picture & Picture dalam keterampilan menulis puisi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MIS Muhajirin Medan Polonia sudah sesuai dengan pedoman metode Picture & Picture dan sesuai rpp yang diterapkan guru. 2) Efektivitas metode Picture & Picture dalam keterampilan menulis puisi diantaranya: siswa terbuka pikiran dalam mengerjakan tugas keterampilan menulis puisi, dapat mengeluarkan ide gagasan serta kreativitas dalam membuat puisi, dan lebih cepat menyelesaikan pengerjaan puisi. 3) Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan metode Picture & Picture dalam keterampilan menulis puisi diantaranya: mudah dipahami siswa dalam pembelajaran menulis puisi, sejalan dengan prinsip materi guru dalam pembelajaran menulis puisi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Picture & Picture, Puisi.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Jul 2023 05:10
Last Modified: 11 Jul 2023 05:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19875

Actions (login required)

View Item View Item