Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Muhammadiyah 19 Medan

Tanjung, Mardiyah Safitri (2023) Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Muhammadiyah 19 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (630kB)
[img] Text
bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)
[img] Text
bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (341kB)
[img] Text
dapus & lampiran .pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design dengan Pretest-Posttest Control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode Outdoor Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Muhammadiyah 19 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah dua kelas IV dengan sampelnya adalah siswa kelas IV-A dengan jumlah 18 peserta didik dari 8 orang perempuan, 10 orang laki- laki. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam berbentuk pilihan ganda sebanyak 18 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis uji Paired Sample T-test. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa siswa dengan metode Outdoor Learning pada pretest sebesar 44,17 dan posttest sebesar 76,67, sedangkan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran konvensional pada pretest sebesar 44,25 dan posttest sebesar 59,00. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Outdoor Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Muhammadiyah 19 Medan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Paired Sample T-Test dengan nilai Sig. 0,000 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak karena 0,000  0,05.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Outdoor Learning, Hasil Belajar IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Jul 2023 05:29
Last Modified: 10 Jul 2023 05:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19857

Actions (login required)

View Item View Item