Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs. Al-Washliyah 19 Percut Tahun Pelajaran 2017/2018

Halimah, Halimah (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs. Al-Washliyah 19 Percut Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Halimah Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Halimah BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Halimah BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
Halimah BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Halimah BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Halimah BAB V.pdf

Download (945kB)
[img] Text
Halimah Daftar Pustaka, Lampiran.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan kelas VII MTs. Al-Washliyah 19 Percut Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Al-Washliyah 19 Percut Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 165 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 siswa di kelas VII-A dan 28 siswa di kelas VII-B. Instrumen tes yang digunakan unutk mengetahui hasil belajar matematika siswa adalah tes uraian berupa pre-tes dan pos-tes yang berjumlah 5 butir soal. Hasil temuan menunjukkan bahwa kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing di peroleh rata-rata 80,5 dan standart deviasi 8,3 dan kelas yang diajar dengan pembelajaran Langsung diperoleh rata-rata 63,03 dan standar deviasi 11,28. Hasil dari uji Analisis Varian (ANAVA) menunjukkan thitung > ttabel atau 44,85 > 4,034, maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan taraf kepercayaan 0,95 = 95% (a=5%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Posing dengan strategi pembelajaran langsung, hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dibandingkan menggunakan strategi pembelajaran langsung. Dengan demikian diyakini adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII MTs. Al-Wasliyah 19 Percut Tahun Pelajaran 2017/2018.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Posing Hasil Belajar Matematika Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:02
Last Modified: 10 Jul 2023 04:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19847

Actions (login required)

View Item View Item