Pengaruh Penerapan Etika Kerja Islam Dan Tingkat Religiusitas Terhadap Kinerja Karyawan Perbankan Syariah Dengan Pendidikan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus BSI KC Medan Gajah Mada)

Nurhuzaini, Putri (2023) Pengaruh Penerapan Etika Kerja Islam Dan Tingkat Religiusitas Terhadap Kinerja Karyawan Perbankan Syariah Dengan Pendidikan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus BSI KC Medan Gajah Mada). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bank Syariah merupakan bank yang menjalankan kegiatannya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Berhadapan dengan upaya peningkatan kinerja karyawan, terdapat banyak faktor yang mempengaruhi perbankan syariah dalam meningkatkan kinerja karyawan salah satunya adalah etika kerja Islam. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan dan melihat apakah etika kerja Islam berpengaruh atau tidaknya terhadap kinerja karyawan di BSI KC Medan Gajah Mada. Sifat religius yang berbeda antara individu dengan individu lainnya apakah akan berpengaruh terhadap kinerja karyawan yang terdapat di BSI KC Medan Gajah Mada karena pada dasarnya bank syariah merupakan bank yang menjalankan kegiatannya sesuai dengan syariat Islam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penerapan etika Kerja Islam (X1), Tingkat Religiusitas (X2), Kinerja Karyawan (Y) dan Pendidikan (Z) (Studi Kasus BSI KC Medan Gajah Mada). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang sumber datanya adalah data primer dan sekunder. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan membagikan kuesioner pernyataan kepada karyawan BSI KC Medan Gajah Mada. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 32 responden dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS Versi 26. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrument, uji asumsi klasik, uji statistik dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menyatakan pada uji t menunjukkan hasil bahwa penerapan etika kerja Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikan 0.004 < 0.05 dan nilai t hitung 3.691 > t tabel 2.048, tingkat religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikan 0.273 > 0.05 dan nilai t hitung 0.858 < t tabel 2.048, etika kerja Islam dan tingkat religiusitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikan 0.001 < 0.005 dan nilai Fhitung 6.832 > F tabel 2.93, pendidikan mampu memoderasi pengaruh penerapan etika kerja Islam terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikan 0.017 < 0.05, pendidikan mampu memoderasi antara tingkat religiusitas terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikan 0.029 < 0.05, dan pendidikan mampu memoderasi pengaruh penerapan etika kerja Islam dan tingkat religiusitas terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikan 0.012 < 0.05.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etika Kerja Islam, Tingkat Religiusitas, Kinerja Karyawan, Pendidikan.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Jul 2023 04:44
Last Modified: 07 Jul 2023 04:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19831

Actions (login required)

View Item View Item