Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Keliling dan Luas Persegi Di MIS Nurul Hadina

Rambe, Damayanti Milania (2023) Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Keliling dan Luas Persegi Di MIS Nurul Hadina. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
coverr.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (273kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu atau pelengkap untuk digunakan oleh pendidik dalam berkomunikasi dengan siswa. Dengan menerapkan media pembelajaran akan membantu pendidik dalam menyampaikan pembelajaran secara baik dan efektif sesuai dengan harapan pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Proses pengembangan media pembelajaran video animasi. (2) Kevalidan pengembangan media video animasi (3) Kepraktisan pengembangan media video animasi. (4) Keefektifan pengembangan media video animasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Penilaian produk untuk kelayakan media pembelajaran terbatas pada 3 ahli yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV MIS Nurul Hadina yang berjumlah 24 siswa. Proses pengembangan media video animasi pada penelitian ini menggunakan aplikasi powtoon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase validasi media oleh ahli materi sebesar 98,6%, ahli media sebesar 89,3%, dan ahli praktisi sebesar 80%. Sedangkan hasil angket respon belajar siswa sebesar 84,1% dengan kategori praktis dan hasil perolehan nilai rata-rata N-gain score keefektifan belajar siswa sebesar 0,89, dengan persentase sebesar 89%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media video animasi materi keliling dan luas persegi yang telah dikembangkan tersebut dapat dikategorikan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pemahaman Siswa, Media Video Animasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:34
Last Modified: 27 Jun 2023 05:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19768

Actions (login required)

View Item View Item