Pengaruh Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) dan Pendekatan Problem Solving terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MAS Alliful Ikhwan SAA Silangkitang

Nurhasanah, Nurhasanah (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) dan Pendekatan Problem Solving terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MAS Alliful Ikhwan SAA Silangkitang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Fix_Skripsi Nur.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I_Nur.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB II_Nur.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III_Nur.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] Text
BAB IV_Nur.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_Nur.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Fix DafPus dan Lampiran_Nur.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran Science, Environment, Technology, and Society (SETS) terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas X MAS Alliful Ikhwan SAA Silangkitang; 2) Pengaruh pendekatan Problem Solving terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas X MAS Alliful Ikhwan SAA Silangkitang; 3)Pengaruh model pembelajaran Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dan pendekatan Problem Solving terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas X MAS Alliful Ikhwan SAA Silangkitang pada materi pokok Trigonometri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MAS Alliful Ikhwan SAA Silangkitang tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 2 kelas. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas X-B MIPA sebagai kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dan kelas X-A MIPA sebagai kelas yang diajar menggunakan pendekatan Problem Solving. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar dan instrumen tes hasil belajar matematika siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA) dua jalur. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Science, Environment, Technology, and Society (SETS) terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas X MAS Alliful Ikhwan SAA Silangkitang dengan Fhitung = 253,438 > Ftabel pada taraf (α = 0,05) = 4,012; 2) Terdapat pengaruh signifikan pendekatan Problem Solving terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas X MAS Alliful Ikhwan SAA Silangkitang dengan Fhitung = 145,323 > Ftabel pada taraf (α = 0,05) = 3,996; 3) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dan pendekatan Problem Solving terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas X MAS Alliful Ikhwan SAA Silangkitang dengan Fhitung (A)= 145,32; Fhitung (B) = 218,741 > Ftabel pada taraf (α = 0,05) = 4,012

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Solving, SETS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Jun 2023 08:53
Last Modified: 26 Jun 2023 08:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19744

Actions (login required)

View Item View Item