Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadapat Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA kelas V SD

Febrina Hafizah, Lubis (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadapat Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi organ pencernaan pada manusia sebelum menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining, sesudah menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining, dan pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy expseriment bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 121313 Tanjung Pinggir, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar. Adapun populasi dalam penelitian ini seluruh anggota kelas V SD Negeri 121313 yang berjumlah 55 orang siswa, sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu Kelas VA sebagai Kelas Eksperimen dengan jumlah 26 siswa dan VB sebagai Kelas Kontrol yang berjumlah 29 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis uji paired Sample T-test. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) hasil belajar siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata pada pretest sebesar 48,10 dan posttest sebesar 71,55. (2) hasil belajar dengan diterapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 48,23 dan posttest sebesar 78,08. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 121313 Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Paired Sample T-Test dengan nilai Sig. 0,000 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak karena 0,000< 0,05. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V SD.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Hasil Belajar IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Jun 2023 08:35
Last Modified: 26 Jun 2023 08:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19740

Actions (login required)

View Item View Item