Pengaruh Kepercayaan, Pengetahuan, Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Muzakki Dalam Menggunakan Digital Payment (Studi Kasus Muzakki Kota Medan)

Ritonga, Lilis Suryani (2022) Pengaruh Kepercayaan, Pengetahuan, Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Muzakki Dalam Menggunakan Digital Payment (Studi Kasus Muzakki Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER lilis.pdf

Download (649kB)
[img] Text
BAB I lilis.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II lilis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] Text
BAB III lilis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB IV lilis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB V lilis.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA lilis.pdf

Download (910kB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital meningkat disebagian negara, era digital di Indonesia ditandai peningkatan penggunaan intenet oleh masyarakat. Inovasi – inovasi yang dibuat oleh OPZ (Organisasi Pengelola Zakat) yaitu mengembangkan dalam pembayaran zakat melalui digital paymet. Beberapa kalangan usia sulit untuk mengikuti perkembangan ke era digital. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, pengetahuan, dan aksesibilitas terhadap keputusan muzakki dalam menggunakan digital payment untuk pembayaran zakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan purposive sampling sebanyak 80 responden. Dari Hasil penelitian kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan muzakki dalam menggunakan digital payment. Pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap keputusan muzakki dalam menggunakan digital payment. Dan Aksesibiltas berpengaruh signifikan terhadap keputusan muzakki dalam menggunakan digital payment. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan kepercayaan, pengetahuan, dan aksesibilitas mempengaruhi keputusan muzakki dalam menggunakan digital payment dengan nilai sign nya 0,000 < 0,05. Hasil pengujian melalui uji analisis regresi linear berganda didapatkan bahwa kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan muzakki menggunakan digital payment dengan nilai 0,18 < 0,05. Hasil pengujian melalui uji analisis regresi linear berganda didapatkan bahwa pengetahuan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan muzakki menggunakan digital payment dengan nilai 0,005 < 0,05. Hasil pengujian melalui uji analisis regresi linear berganda didapatkan bahwa aksesibilitas berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan muzakki menggunakan digital payment dengan nilai 0,000 < 0,05.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Digital Payment, Zakat, Kepercayaan, Pengetahuan, dan Aksesibilitas.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Jun 2023 07:40
Last Modified: 22 Jun 2023 07:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19677

Actions (login required)

View Item View Item