Strategi Guru BK dalam Pelaksanaan Home Visit Pada Siswa Di SMA Negeri 5 Simeulue Barat

Muliawan, Renof (2023) Strategi Guru BK dalam Pelaksanaan Home Visit Pada Siswa Di SMA Negeri 5 Simeulue Barat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1_COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
4_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
6_BAB V.pdf

Download (437kB)
[img] Text
7_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN_compressed.pdf

Download (591kB)

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan pada siswa di SMA Negeri 5 Simeulue Barat dilatar belakangi bahwa adanya permasalahan siswa terkait dengan aktivitas belajar yang mereka lakukan di sekolah yaitu terjadinya kenakalan siswa di sekolah seperti berkelahi dengan teman sebayanya, melawan guru dan merokok sehingga dapat mengganggu aktivitas belajar yang menyebabkan munculnya kesulitan belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif memiliki karakteristik bahwa data-datanya dinyatakan dalam keadaan sewajarnya sebagaimana adanya. Adapun sebagai subjek atau informan dalam penelitian adalah beberapa pihak yang terkait yaitu guru BK, orang tua siswa, dan siswa di SMA Negeri 5 Simeulue Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masalah yang terjadi pada siswa di SMA Negeri 5 Simeulue Barat yaitu terkait dengan diri siswa sendiri, terkait dengan kondisi orang tua atau keluarga, dan terkait dengan kondisi lingkungan sekitar tempat tinggal. Pelaksanaan kegiatan home visit adalah kegiatan kunjungan terhadap keluarga siswa sebagai upaya membantu mengatasi permasalahan yang mereka hadapi. Penanganan masalah siswa melalui pelaksanaan home visit dilakukan dengan strategi atau langkah-lankah yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut, dan laporan. Hambatan pelaksanaan home visit yaitu keterbatasan jumlah personil guru bimbingan dan konseling dibandingkan dengan jumlah siswa, masih kurangnya guru personil yang memiliki latar belakang pendidikan bidang bimbingan dan konseling, dan keterbatasan sarana fasilitas. Solusi mengatasi kendala pelaksanaan home visit yaitu usaha dari guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan guru pada bidang bimbinan dan kosneling sekolah. Berupaya untuk memenuhi sarana fasilitas yang lebih di utamakan di butuhkan sehingga dapat membantu untuk mudahnya penyelenggaraan bimbingan dan konseling khususnya dalam pelaksanaan home visit di SMA Negeri 5 Simeulue Barat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Jun 2023 09:11
Last Modified: 21 Jun 2023 09:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19640

Actions (login required)

View Item View Item