Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual Siswa Kelas XI SMA Swasta Harapan Mekar Medan

Kamilah, Annisa Ul (2022) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual Siswa Kelas XI SMA Swasta Harapan Mekar Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan siswa untuk menyampaikan suatu pesan matematis dalam bahasa lisan dan.tulisan melalui peristiwa dialog atau hubungan yang terjadi di lingkungan kelas mengenai materi matematika yang dipelajari siswa. Gaya belajar adalah kecenderungan seseorang dalam menerima, menyerap, dan memproses informasi. Yang menjadi permasalahan yaitu kemampuan komunikasi matematis pada gaya belajar visual siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI SMA Swasta Harapan Mekar Medan Kecamatan Medan Marelan yang berasal dari gaya belajar visual. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Indikator kemampuan komunikasi matematis pada tes tertulis antara lain: 1). Kemampuan menghubungkan benda nyata ke dalam ide-ide matematika, 2). Kemampuan menyatakan peristiwa sehari-hari dengan simbol-simbol matematika dalam menyajikan ide-ide matematis secara tertulis, 3). kemampuan menjelaskan ide, situasi sehari-hari dan relasi matematis, secara tertulis maupun dnegan gambar, 4). Kemampuan memahami dan mengevaluasi ide-ide matematis dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari secara tertulis, dan 5). Kemampuan mengkomunikasikan kesimpulan jawaban permasaahan sehari-hari sesuai dengan pertanyaan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas XI IPA Swasta Harapan Mekar Medan, ditemukan hasil 37,5% yang memiliki gaya belajar visual dengan jumlah sebanyak 12 siswa, 31,25% memiliki gaya belajar auditorial dengan jumlah 10 siswa dan 31,25% memiliki gaya belajar kinestetik dengan jumlah 10 siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Belajar Visual
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jun 2023 10:28
Last Modified: 19 Jun 2023 10:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19619

Actions (login required)

View Item View Item