Kamilah, Annisa Ul (2022) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual Siswa Kelas XI SMA Swasta Harapan Mekar Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan siswa untuk menyampaikan suatu pesan matematis dalam bahasa lisan dan.tulisan melalui peristiwa dialog atau hubungan yang terjadi di lingkungan kelas mengenai materi matematika yang dipelajari siswa. Gaya belajar adalah kecenderungan seseorang dalam menerima, menyerap, dan memproses informasi. Yang menjadi permasalahan yaitu kemampuan komunikasi matematis pada gaya belajar visual siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI SMA Swasta Harapan Mekar Medan Kecamatan Medan Marelan yang berasal dari gaya belajar visual. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Indikator kemampuan komunikasi matematis pada tes tertulis antara lain: 1). Kemampuan menghubungkan benda nyata ke dalam ide-ide matematika, 2). Kemampuan menyatakan peristiwa sehari-hari dengan simbol-simbol matematika dalam menyajikan ide-ide matematis secara tertulis, 3). kemampuan menjelaskan ide, situasi sehari-hari dan relasi matematis, secara tertulis maupun dnegan gambar, 4). Kemampuan memahami dan mengevaluasi ide-ide matematis dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari secara tertulis, dan 5). Kemampuan mengkomunikasikan kesimpulan jawaban permasaahan sehari-hari sesuai dengan pertanyaan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas XI IPA Swasta Harapan Mekar Medan, ditemukan hasil 37,5% yang memiliki gaya belajar visual dengan jumlah sebanyak 12 siswa, 31,25% memiliki gaya belajar auditorial dengan jumlah 10 siswa dan 31,25% memiliki gaya belajar kinestetik dengan jumlah 10 siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Belajar Visual |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 10:28 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 10:28 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19619 |
Actions (login required)
View Item |