Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Penurunan Penyimpangan Perilaku Pada Siswa X IPA 4 MAN Asahan

Marpaung, Syachroni Fauzi (2021) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Penurunan Penyimpangan Perilaku Pada Siswa X IPA 4 MAN Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover SYACHRONI FAUZI MARPAUNG 2 (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I SYACHRONI FAUZI MARPAUNG.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB II SYACHRONI FAUZI MARPAUNG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[img] Text
BAB III SYAVHRONI FAUZI MARPAUNG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
BAB IV SYACHRONI FAUZI MARPAUNG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
BAB V SYACHRONI FAUZI MARPAUNG.pdf

Download (405kB)
[img] Text
DAPUS DAN LAMPIRAN SYACHRONI FAUZI MARPAUNG.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dalampenelitian ini adalah masih adanya siswa yang melakukanpenyimpangan Perilaku MAN Asahan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Penurunan Penyimpangan Perilaku Pada Siswa X IPA4 Man Asahan? Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompokterhadap penurunanpenyimpangan perilaku pada siswa kelas X IPA4ManAsahan. Penelitiian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling yang terdiri darisatu siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X IPA 4 MAN Asahan yang berjumlah 8 siswa. Variabel penelitian ini adalah menurunkan penyimpangan perilaku siswa, melalui layanan bimbingan kelompok. Data dikumpulkan melalui angket.Penelitimenargetkankeberhasilan tindakan di atas 75% darihasil analisis angket dariPra- tindakan sampai siklus I.Dimana hasil angket yang diperoleh dari sebelum tindakanterdapat 3 siswa mengalami penyimpangan perilaku yang tinggi dan 5 siswa mengalami penyimpangan perilaku yang sedang dan setelah tindakan disiklus I diperoleh 6 siswa mengalami penurunan penyimpangan perilaku menjadi Sedang , dan hanya 2 siswa yang masih mengalami penyimpanganperilaku yangRendah.DanterdapatPerubahan25%Makaharus dilanjutkan Pada Siklus II, Dan Setelah diberikan tindakan siklus Ke II dan di pertemuan Kedua ini diperoleh 7 siswamengalami penurunanpenyimpangan perilaku menjadi rendah 87,5%, dan hanya 1 siswa yangmasihmengalamipenyimpanganperilaku yangsedangterlihat jelas bahwa setiapsiklusnya mengalami peningkatan dan sudah mencapai target keberhasilan tindakan yang diharapkan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyimpangan perilaku siswa menurun setelah diberikan layanan bimbingan kelompok, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis angket. Maka dalam penelitian ini hipotesis yang diujikan adalah “Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompokberhasil dalam menurunkan penyimpangan perilaku pada siswa kelasX IPA4 MAN Asahan” dapat diterima, artinya layanan bimbingan kelompok dapat menurunkan penyimpanganperilakusiswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyimpangan Perilaku, Layanan Bimbingan Kelompok
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jun 2023 10:22
Last Modified: 19 Jun 2023 10:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19618

Actions (login required)

View Item View Item