Pengaruh Model Pembelajaran Time Token dan Peer Teaching Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa di SMA Negeri 1 Medang Deras

Nurhasanah, Nurhasanah (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Time Token dan Peer Teaching Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa di SMA Negeri 1 Medang Deras. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_ASLI NURHASANAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (709kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Time Token dan Peer Teaching terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika siswa. Serta untuk mengetahui apakah keaktifan dan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Time Token lebih dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Peer Teaching di kelas XI SMA Negeri 1 Medang Deras Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah peneltian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Medang Deras Tahun Ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 60 siswa yang dijadikan sampel pada penelitian ini. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui keaktifan belajar adalah lembar angket keaktifan, hasil belajar siswa dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA), Hasil Temuan ini menunjukan : 1). Terdapat pengaruh model pembelajaran Time Token dan Peer Teaching terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Medang Deras; Dimana Fhitung (A) = 49,323 dan Ftabel = 3,923; Fhitung > Ftabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, membuktikan terdapat pengaruh model pembelajaran Time Token dan Peer Teaching terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika siswa 2). Keaktifan belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Time Token tidak lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Peer Teaching di kelas XI SMA Negeri 1 Medang Deras; Dimana FHitung = 0,0121 dan FTabel = 4,007 ; Fhitung < Ftabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. 3). Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Time Token tidak lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Peer Teaching di kelas XI SMA Negeri 1 Medang Deras; FHitung = 0,406 dan FTabel = 4,007; Fhitung < Ftabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa keaktifan dan hasil belajar matematika siswa lebih efektif diajarkan dengan Model Pembelajaran Peer Teaching dari pada Model Pembelajaran Time Token.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Time Token, Model Pembelajaran Peer Teaching.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jun 2023 09:58
Last Modified: 19 Jun 2023 09:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19615

Actions (login required)

View Item View Item