Mahenra, Yusril Ihsa (2022) Penggunaan Layanan Informasi Berbasis Daring Untuk Mengembangkan Kreativitas Belajar Siswa di Masa Pandemi di MAN 4 Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Cover Yusril.pdf Download (600kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (321kB) |
|
Text
BAB II-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
|
Text
BAB III-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
|
Text
BAB IV-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) |
|
Text
BAB V-1.pdf Download (118kB) |
|
Text
Dapus-1.pdf Download (972kB) |
Abstract
Layanan informasi merupakan salah satu jenis layanan dalam bimbingan dan konseling yang diberikan kepada sejumlah siswa untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai informasi baru yang berguna untuk mengenali diri, merencanakan dan mengembangkan kemampuan siswa agar dapat berkembang secara optimal. Pelaksanaan belajar dari rumah memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat covid-19. Penelitian ini mengembangkan kreativitas siswa melalui layanan informasi yang bertujuan untuk (1) Mengetahui kreativitas siswa sebelum penggunaan layanan informasi berbasis daring, (2) Mengetahui kreativitas siswa sesudah penggunaan layanan informasi berbasis daring, (3) Mengetahui hambatan-hambatan selama penggunaan layanan informasi berbasis daring. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terhadap penggunaan layanan infornasi secara daring untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dilihat melalui pengembangan peserta didik yang semakin kreativ dan inovatif. Peserta didik mengeksplore berbagai hal terkait pembelajaran hingga hal yang disukai diluar pembelajaran. Potensi peserta didik berkembang cukup pesat dan komunikasi antara guru dengan peserta didik berjalan dengan baik. Sekolah dan guru juga memberikan apresiasi kepada antusias peserta didik dalam melakukan pembelajaran secara daring.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Informasi Daring , Kreativitas Belajar , Pandemi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 05:10 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 05:10 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19600 |
Actions (login required)
View Item |