Pengaruh Penggunaan Internet Banking dan Mobile Banking Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI UIN SU dalam Belanja Online

Nizam, Wahyu (2023) Pengaruh Penggunaan Internet Banking dan Mobile Banking Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI UIN SU dalam Belanja Online. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
KOVER DKK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I-SKRIPSI WAHYU NIZAM.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II-SKRIPSI WAHYU NIZAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-SKRIPSI WAHYU NIZAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV-SKRIPSI WAHYU NIZAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V-SKRIPSI WAHYU NIZAM.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN-SKRIPSI WAHYU NIZAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan internet banking dan mobile banking dan juga secara simultan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN SU dalam belanja online. Di sisi lain prinsip ilmu ekonomi Islam melarang untuk berperilaku konsumtif. Guna mengungkapkan permasalah tersebut, peneliti melakukan penyebaran kuisioner kepada 99 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan uji T, uji F, dan koefisien determinasi. Kemudian, pengujian instrumen dengan uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara internet banking (X1) terhadap perilaku konsumtif mahasiswa (Y) dengan perbandingan nilai thitung > ttabel sebesar 5,018 > 1,98525 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < α = 0,05. Mobile banking (X2) juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam belanja online dengan perbandingan nilai thitung > ttabel sebesar 4,470 > 1,98525 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < α = 0,05. Selain itu, Variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh positif terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dalam belanja online dengan perbandingan nilai Fhitung dan Ftabel sebesar 72,157 > 3,09 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < α = 0,05. Penelitian ini mengungkapkan bahwa electronic banking berbasis teknologi sangat berpengaruh kuat terhadap perilaku konsumtif penggunanya. Oleh karena itu, perlu adanya prinsip teknologi tepat guna dan pembatasan kegiatan belanja oleh individu, seperti membeli produk sesuai kebutuhan, menyisihkan uang untuk menabung dan sedekah, serta melakukan pencatatan transaksi harian guna mencegah perilaku boros.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internet banking, mobile banking, e-commerce, perilaku konsumtif
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:45
Last Modified: 19 Jun 2023 04:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19594

Actions (login required)

View Item View Item