Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Via Daring Di Kelas XI SMA Negeri 1 Rantau Selatan

Hasibuan, Indah Pratiwi (2021) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Via Daring Di Kelas XI SMA Negeri 1 Rantau Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (940kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (876kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian mengenai proses pembelajaran matematika siswa via daring dan kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan meneliti langsung kelapangan. Subyek penelitian ini adalah Guru matapelajaran matematika, dan peserta didik Kelas XI MIA-1. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, diperoleh hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran matematika via daring di SMA 1 Rantau Selatan dapat diketahui bahwa guru tidak menggunakan media pembelajaran, dan guru yang mengampu pelajaran matematika di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Rantau Selatan hanya menggunakan metode pemberian catatan dan tugas saja. Yang mana diketahui bahwa pelajaran matematika ini sangat rawan sekali dengan contoh sebab matematika adalah ilmu pengetahuan yang pasti apalagi saat ini pembelajaran matematika dilakukan secara daring minimal diberikan video-video metode matematis. Yang kedua, Kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika yaitu: Kesulitan dalam memahami konsep matematika, Kesulitan dalam prinsip, dan kesulitan dalam memahami bahasa verbal . Kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran metode daring berujung pada ketidakpahaman siswa akan keseluruhan materi, mereka hanya diberikan tugas tanpa ada penjelasan terkait materi program linier lebih mendalam . Kendala teknis yang dialami dalam pembelajaran yakni kesulitan dalam mengakses Google Classroom yang diakibatkan oleh sinyal atau koneksi internet yang buruk. Dalam pertemuan secara daring, beberapa siswa berkeluh kesah akibat koneksi internet yang buruk diakibatkan kuota internet yang diberikan kepada siswa tidak mendukung. Hal ini dikarenakan jaringan provider dilingkungan siswa tidak memiliki kualitas yang sangat baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar, pembelajaran matematika daring, program linier
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:02
Last Modified: 19 Jun 2023 03:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19581

Actions (login required)

View Item View Item