Peran Guru BK Dalam Membantu Perencanaan Pengembangan Karier Siswa Melalui Layanan Informasi di SMA Negeri 1 Binjai

Pratama, Angga (2021) Peran Guru BK Dalam Membantu Perencanaan Pengembangan Karier Siswa Melalui Layanan Informasi di SMA Negeri 1 Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (277kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Peran Guru BK dalam membantu perencanaan pengembangan karier siswa melalui Layanan Informasi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya peristiwa siswa yang salah memilih jurusan dan tidak tau memilih karier yang tepat bagi dirinya. Peneliti juga melihat ketika observasi di sekolah SMA Negeri 1 Binjai terdapat beberapa siswa yang bingung dalam menentukan pilihan kariernya bahkan kebanyakan dari mereka masih tidak memahami potensi yang telah dia miliki. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan tentang perencanaan pengembangan karier siswa dan upaya guru BK dalam memberikan layanan Informasi Bidang Karier pada siswa di SMA Negeri 1 Binjai. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dan merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 1 Binjai. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan menelaah seluruh data, mereduksinya, menyajikan dan menyimpulkan data yang ada. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemahaman karier siswa di SMA Negeri 1 Binjai yang rendah. Hal tersebut dikarenakan masih terdapat beberapa siswa yang belum mendapatkan informasi dan pengetahuan seputar karier dan lebih terkontaminasi dengan pengaruh orang tua dan lingkungannya. Hal tersebut menimbulkan kesalahan dalam menentukan karier sehingga menempatkan diri ketempat yang tidak sesuai dengan minat dan kemampuan siswa. (2) Dampak Tidak memahami karier dan gagal dalam merencanakan pengembangan karier dapat mengganggu keberlangsungan belajar siswa. (3) Peran Guru BK dalam membantu perencanaan pengembangan karier siswa tersebut. Guru BK memberikan layanan informasi, kepada siswa yang memang membutuhkan layanan sehingga lebih maksimal dalam proses pembelajaran dan semangat mencapai impian atau karier yang diinginkan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru BK,Perencanaan Karier,Layanan Informasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Jun 2023 09:54
Last Modified: 02 Jun 2023 09:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19445

Actions (login required)

View Item View Item