Hasibuan, Esmailan (2023) Pemanfaatan Fasilitas Kesehatan Pada Peserta JKN Pasca Pandemi di Puskesmas Portibi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf Download (498kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (265kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (785kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
|
Text
BAB IV (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (29kB) |
|
Text
DAPUS-LAMPIRAN.pdf Download (397kB) |
Abstract
Jaminan Kesehatan Nasional merupakan konsep yang menjamin semua orang mempunyai akses kepada layanan kesehatan baik itu pelayanan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif dengan mutu yang memadai sehingga efektif, di samping itu pula menjamin bahwa layanan tersebut tidak menimbulkan kesulitan finansial penggunanya. Begitupun dengan kondisi pandemi COVID ini, pelayanan kesehatan menjadi kebutuhan yang paling penting dan banyak diperhatikan oleh pemerintah. Proses pelaksanaan JKN ini beberapa tantangan yang dihadapi, menurut laporan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) bahwa laporan keluhan prosedur pelayanan BPJS Kesehatan cukup tinggi pada tahun 2015. Tujuan penelitian ini Mengkaji secara mendalam penggunaan JKN pada fasilitas pelayanan kesehatan dianalisis dari faktor yang mempengaruhi pemanfaatan pelayanan kesehatan dipelayanan kesehatan Kecamatan Portibi Kabupaten Padanglawas Utara masa pandemi COVID. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bersifat fenomenologi. Data yang diperolah dari hasil wawancara mendalam dengan 1 kepala puskesmas, 1 tenaga kesehatan dan 3 pasien JKN. Penelitian ini dilaksanakan di puskesmas Portibi Jae Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih ditemukannya kekurangan dari segi sarana dan prasarana, dan ditemukannya pelayanan JKN yang cukup lama karena banyaknya yang mengantri. Memprioritaskan perbaikan fasilitas yang terdapat di puskesmas potibi baik dari segi sarana maupun prasarana, memberikan tindakan yang tepat sejak awal untuk pasien baik itu yang JKN maupun tidak.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | JKN, Covid-19, Pelayanan |
Subjects: | 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 25 May 2023 03:16 |
Last Modified: | 25 May 2023 03:16 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19346 |
Actions (login required)
View Item |