Identifikasi Postur Kerja Petani Padi Menggunakan Metode (Ovako Working Posture Analisys System) OWAS Di Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan

Prabowo, Fajar Rianto (2023) Identifikasi Postur Kerja Petani Padi Menggunakan Metode (Ovako Working Posture Analisys System) OWAS Di Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (739kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Postur kerja seorang pekerja dalam melaksanakan aktivitas kerjanya merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan hasil kerja Aktivitas petani padi pada pembudidayaan adalah penanaman, penyemprotan/pemupukan dan pemanenan. Dari hasil wawancara yang telah dilakukan petani mengeluhkan sakit bagian belakang, pegal otot sendi, kesemutan, sakit pada pegelangan kaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi risiko postur kerja pada patani padi di Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yang dilakukan secara observasional terhadap proses kerja pada proses pembudidayaan beras padi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive sampling dimana populasi menjadi sampel yaitu sebanyak 77 orang. Terdapat 62 responden (80,52%) dengan postur tidak ergonomis (membungkuk kedepan, membungkuk kedepan dan kesamping, posisi kaki berjalan dan mengangkat beban >10kg) selama lebih dari 8 jam per hari. Tingkat risiko pada proses kegiatan pemanenan, penanaman dan pemupukan/penyemprotan pada level risiko rendah. Diharapkan pera petani melakukan peregangan saat bekerja agar otot tidak tegang saat melakukan pekerjaan. Bagi peneliti disarankan selanjutnya untuk melakukan analisis postur kerja dengan metode RULA dan REBA.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: postur kerja, petani padi, metode OWAS
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 May 2023 02:41
Last Modified: 22 May 2023 02:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19259

Actions (login required)

View Item View Item