Pengaruh Media Pembelajaran Berupa Kanal Youtube Pribadi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fikih Kelas V B dan C MIN 1 Medan

Pohan, Nur Hasanah (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Berupa Kanal Youtube Pribadi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fikih Kelas V B dan C MIN 1 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover dll okk.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB I Watermark .pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB II Watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[img] Text
BAB III Watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img] Text
BAB IV Watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
BAB V Watermark ok.pdf

Download (322kB)
[img] Text
daftar pustaka watermark.pdf

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran berupa chanell youtube pribadi guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Infak dan Sedekah. Sampel penelitian ini melibatkan dua kelas yang dibagi 2 kelompok yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan model pembelajaran konvensional dengan media pembelajaran berupa chanell youtube pribadi guru, dan kelas VC Kelompok 2 sebagai kelas control yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan menggunakan media LKS dan Group WA. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah sebanyak 20 soal dengan 4 pilihan jawaban yang telah divalidasi oleh Validator ahli, dan kemudian diujicobakan kepada siswa untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda soal, dan distruktor. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif yaitu uji perbedaan nilai rata-rata, hasil belajar siswa, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol pada data pretest yaitu sebesar 35,75 dan 37,75. Pada nilai post-test kelas eksperimen dan kontrol yaitu sebesar 79 dan 74. Data pada uji normalitas dan homogenitas diperoleh data berdistribusi normal dan data bersifat homogen. Dari uji hipotesis hasil belajar thitung= 2,29 sehingga dapat disimpulkan terima Ha tolak Ho. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran konvensional dengan media pembelajaran berupa chanell youtube pribadi guru berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi fikih

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran chanell youtube pribadi guru, Hasil belajar siswa, Fikih
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 May 2023 05:04
Last Modified: 11 May 2023 05:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19141

Actions (login required)

View Item View Item