Perkembangan Motorik Halus Anak Attention Deficit and Hyperactivity Disorder atau ADHD Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Sahabat Anak Bangsa Binjai

Sartika, Dwi (2023) Perkembangan Motorik Halus Anak Attention Deficit and Hyperactivity Disorder atau ADHD Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Sahabat Anak Bangsa Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER DAN DAFTAR ISI_DWI SARTIKA_0308182090_PIAUD_STAMBUK 2018_watermark.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(PDF) BAB 1_DWI SARTIKA_0308182090_PIAUD_STAMBUK 2018_watermark.pdf

Download (560kB)
[img] Text
(PDF) BAB 2_DWI SARTIKA_0308182090_PIAUD_STAMBUK 2018_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
(PDF) BAB 3_DWI SARTIKA_0308182090_PIAUD_STAMBUK 2018_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img] Text
(PDF) BAB 4_DWI SARTIKA_0308182090_PIAUD_STAMBUK 2018_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
(PDF) BAB 5_DWI SARTIKA_0308182090_PIAUD_STAMBUK 2018_watermark.pdf

Download (254kB)
[img] Text
(PDF) DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN_DWI SARTIKA_0308182090_PIAUD_STAMBUK 2018_watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya suatu kasus seorang anak ADHD usia 6 tahun tipe Hiperaktif-Impulsif di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Sahabat Anak Bangsa Binjai menunjukan perilaku sering memukul spontan, berbicara terbata-bata, tidak bisa duduk diam dalam waktu lama, serta mudah emosi ketika keinginannya tidak segera terpenuhi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perkembangan motorik halus pada anak ADHD tipe Hiperaktif- Impulsif, metode guru, serta faktor penghambat dan pendukung dalam perkembangan motorik halus anak Attention Deficit and Hyperactivity Disorder atau ADHD di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Sahabat Anak Bangsa Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) perkembangan motorik halus pada anak ADHD tipe Hiperaktif-Impulsif studi kasus di TKIT Sahabat Anak Bangsa Binjai berkembang sangat baik. (2) Metode guru dalam mengembangankan aspek motorik halus yang dicapai oleh anak yakni metode intruksi langsung melalui terapi dari snoezellen, yakni terapi yang tidak diarahkan dan memberikan pengalaman multi sensorik atau fokus pada 1 sensorik saja, secara sederhana dari adaptasi suara dan tekstur kepada kebutuhan spesifik subjek. Selain itu, terapi perilaku dengan reward system (anak diberikan ‘hadiah’ bila dapat menyelesaikan tugas atau berperilaku baik) sehingga memotivasi subjek dalam mengikuti setiap aktivitas motorik halus dengan sangat baik. (3) Sedangkan faktor pendukung perkembangan motorik halus anak ADHD tipe Hiperaktif- Impulsif studi kasus di TKIT Sahabat Anak Bangsa Binjai, yaitu guru, peserta didik, kepala sekolah, orangtua, lingkungan, bahkan nutrisi. Sedangkan faktor penghambat berasal dari anak itu sendiri, serta sarana dan prasarana.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perkembangan motorik halus, ADHD, AUD
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 May 2023 04:54
Last Modified: 11 May 2023 04:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19140

Actions (login required)

View Item View Item