Rahayu, Sri (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Materi Fungi Untuk Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 9 Kualuh Hulu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
1. Cover_Sri Rahayu.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. BAB I_SRI RAHAYU_T.BIO_2017.pdf Download (300kB) |
|
Text
3. BAB II_Sri Rahayu.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) |
|
Text
4. BAB III_Sri Rahayu.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
|
Text
5. BAB IV_Sri Rahayu.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
6. BAB V_ Sri Rahayu.pdf Download (237kB) |
|
Text
7. Dapus_Sri Rahayu.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Materi Fungi dengan mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Untuk jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D), dan untuk model penelitian yang menjadi acuan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model penelitian ADDIE, yang memiliki beberapa tahapan sesuai dengan namanya, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIPA-4 SMA Muhammadiyah 9 Kualuh Hulu yang berjumlah 36 orang. Dan untuk instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa angket, yang terdiri atas angket validasi media untuk ahli media dan ahli materi, angket respon guru dan peserta didik, dan juga menggunakan tes hasil belajar peserta didik. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu bahwa untuk tingkat kevalidannya memperoleh hasil rata-rata sebesar 3,5 dan tergolong dalam kategori valid. Untuk tingkat kepraktisannya memperoleh hasil dari angket respon guru yaitu sebesar 4,5 dan termasuk dalam kategori sangat praktis, untuk hasil dari angket respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 4,1 dan termasuk dalam kategori praktis. Sedangkan untuk tingkat keefektifannya yaitu dapat dilihat dari hasil persentase ketuntasan belajar klasikal pada tahap pre-test diperoleh hasil 28% dan termasuk dalam kategori buruk. Sedangkan untuk hasil persentase ketuntasan belajar klasikal pada tahap post-test diperoleh hasil 81% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan ini dalam kategori valid, praktis dan efektif, sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Sparkol Videoscribe, Fungi, ADDIE. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 09 May 2023 03:57 |
Last Modified: | 09 May 2023 03:57 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19113 |
Actions (login required)
View Item |