Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di MIS Tarbiyah Islamiyah Al-Musthafawiyah Medan

Pasaribu, Indah Rahmalia (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di MIS Tarbiyah Islamiyah Al-Musthafawiyah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER INDAH OK.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (413kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Matematika di kelas V MIS Tarbiyah Islamiyah Al-Musthafawiyah Medan. 2) Mengetahui hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Matematika di kelas V MIS Tarbiyah Islamiyah Al-Musthafawiyah Medan. 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning dengan hasil belajar siswa di kelas V MIS Tarbiyah Islamiyah Al-Musthafawiyah Medan. Metodelogi penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa/i kelas V MIS Tarbiyah Islamiyah Al-Musthafawiyah Medan dan sampel yang dipilih dalam penilitian ini adalah kelas VA (kelas eksprimen dengan menggunakan model pembelajaranProblem Based Learning) dan kelas VB (kelas kontrol dengan model konvensional). Analisis data yang digunakan yaitu uji-test (Uji-T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika siswa yang menggunakan model pemnbelajaran Problem Based Learning (VA), lebih tinggi dari hasil belajar Matematika siswa yang menggunakan model konvensional (VB). Hasil belajar Matematika di kelas eksperiment dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning diperoleh nilai pre-test 57,14 dan kelas kontrol diperoleh nilai pre-test 52,53 dengan rata- rata post-test yaitu 81,86, sedangkan kelas kontrol dengan model konvensional diperoleh rata-rata post-test yaitu 66,74. Terdapat perbedaan hasil belajar Matematika yang diajar dengan model pembelajaran PBL lebih baik dari pada hasil belajar Matematika yang diajar dengan pembelajaran konvensional yang menyatakan diterima dan ditolak. Dengan demikian bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa dikelas V MIS Tarbiyah Islamiyah Al-Musthafawiyah Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 May 2023 03:48
Last Modified: 08 May 2023 03:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19082

Actions (login required)

View Item View Item