Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIN 3 Tapanuli Selatan

Harahap, Lanniari (2021) Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIN 3 Tapanuli Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI LANNIARI HARAHAP COVER.pdf

Download (308kB)
[img] Text
SKRIPSI LANNIARI HARAHAP BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
SKRIPSI LANNIARI HARAHAP BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
SKRIPSI LANNIARI HARAHAP BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
SKRIPSI LANNIARI HARAHAP BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
SKRIPSI LANNIARI HARAHAP BAB V .pdf

Download (124kB)
[img] Text
SKRIPSI LANNIARI HARAHAP WATERMAK LAMPIRAN.pdf

Download (903kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran model tiga dimensi. 2). Untuk mengetahui perbedaan pembelajaran siswa yang menggunakan media tiga dimensi dengan yang tidak menggunakan media tiga dimensi. 3). Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran tiga dimensi terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Metodelogi penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa/i kelas V MIN 3 Tapanuli Selatan dan sampel yang dipilih dalam penilitian ini adalah kelas VA (kelas eksprimen dengan model pembelajaran menggunakan Media 3 Dimensi) dan kelas VB (kelas kontrol dengan model konvensional). Analisis data yang digunakan yaitu uji-test (Uji-T). Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar IPA siswa yang menggunakan Media Tiga Dimensi (VA), lebih tinggi dari hasil belajar IPA siswa yang menggunakan model konvensional(VB). Hasil belajar IPA di kelas eksperiment dengan Menggunakan Media Tiga Dimensi diperoleh rata- rata post-test yaitu 74.8227, sedangkan kelas kontrol dengan model konvensional diperoleh rata-rata post-test yaitu 58.459. Berdasarkan pengujian hipotesis pada kelas eksperimen (VA) Dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung >ttabel yaitu 5.258 > 2,024 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan diterimanya Ha dan ditolaknya Ho. Maka dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran yang menggunakan media tiga dimensi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V MIN 3 Tapanuli Selatan T.A 2020/2021.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Media 3 Dimensi dan Hasil Siswa Kelas V
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 May 2023 03:47
Last Modified: 05 May 2023 03:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19053

Actions (login required)

View Item View Item