Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Macromedia Flash pada Materi Matriks di Kelas XI SMA Negeri 1 Padang Tualang Tahun Ajaran 2021/2022

Habibah, Bella Adlia (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Macromedia Flash pada Materi Matriks di Kelas XI SMA Negeri 1 Padang Tualang Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media pembelajaran berbasis macromedia flash pada materi matriks yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan pengembangan Research and Development (R&D) model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D, yakni: tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), dan tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian ini yaitu peserta didi di kelas XI SMA Negeri 1 Padang Tualang sebanyak 35 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan angket untuk melihat kevalidan dan kepraktisan media, sedangkan tes hasil belajar siswa untuk melihat keefektifan media yang dikembangkan. Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan valid, berdasarkan rata-rata skor oleh ahli media yaitu 4,11 dan oleh ahli materi yaitu 4,6 dengan kriteria valid. Untuk tingkat kepraktisan dari media pembelajaran berdasarkan angket respon peserta didik sebesar 85,95% dengan kategori sangat praktis dan angket respon guru sebesar 92% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk tingkat keefektifan dari media pembelajaran berdasarkan ketuntasan belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran matematika sebesar 88% dan setelah dilakukan dengan uji-t diperoleh bahwa t hitung = 12,6891 dan t Tabel = 2,0404 sehingga adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test karena t hitung > t Tabel begitu juga dengan n-gain diperoleh 0,72 dengan kategori tinggi yang berarti bahwa media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian media pembelajaran berbasisi macromedia flash dikatakan layak dengan kategori valid, praktis dan efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Matriks
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 May 2023 08:19
Last Modified: 04 May 2023 08:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19031

Actions (login required)

View Item View Item