Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif team games tournament dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa SMP Negeri 2 Babalan Kabupaten Langkat

Dewi, Eka (2019) Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif team games tournament dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa SMP Negeri 2 Babalan Kabupaten Langkat. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1) Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2) BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6) BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7) Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskprisikan: (1) pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 2 Babalan Kabupaten Langkat, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 2 Babalan Kabupaten Langkat, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 2 Babalan Kabupaten Langkat. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Babalan Kabupaten Langkat. Jenis penelitin ini adalah kuantitatif dengan mtetode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII (tujuh) SMP Negeri 2 Babalan Kabupaten Langkat pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 5 (lima) kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan analisis varians dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif TGT ( X = 71,21) lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori ( X = 69,93) dengan Fhitung = 11,78 > Ftabel = 4,018, (2) rata-rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa dengan motivasi belajar tinggi ( X = 73,35) lebih tinggi daripada hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa dengan motivasi belajar rendah ( X = 67,80), dengan Fhitung = 26,82 > Ftabel = 4,018, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan Fhitung = 17,29 > Ftabel = 4,018.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 May 2023 02:29
Last Modified: 03 May 2023 02:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18999

Actions (login required)

View Item View Item