Pengaruh Good Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Noor, Syafwani (2022) Pengaruh Good Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (333kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (663kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Good Corporate Governance Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 12 perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2016 - 2020 dengan total data pengamatan sebanyak 60 data selama 5 tahun pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi data panel dengan pendekatan common effect model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Kepemilikan institusional memiliki nilai probabilitas 0,0263 lebih kecil dibandingkan 0,05 sedangkan t hitung sebesar -2,295273 sehingga kepemilikan institusional berpengaruh terhadap manajemen laba pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia. Komisaris independen memiliki nilai probabilitas 0,9913 lebih besar dibandingkan 0,05 dengan t hitung sebesar - 0,010985 sehingga komisaris independen tidak berpengaruh terhadap manajemen laba pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia. Ukuran perusahaan memiliki nilai probabilitas 0,7155 lebih besar dibandingkan 0,05 dengan t hitung sebesar 0,366794 sehingga ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia. Kepemilikan institusional, komisaris independen dan ukuran perusahaan memiliki nilai probabilitas sebesar 0,1058 dengan F hitung sebesar 2,157 sehingga secara bersama-sama kepemilikan institusional, komisaris independen dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemelikan Instittusional, Komisaris Independen, Ukuran Perusahaan Dan Manajemen Laba
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 May 2023 01:57
Last Modified: 03 May 2023 01:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18995

Actions (login required)

View Item View Item