Analisis Pembinaan Etika Peserta Didik Melalui Pembelajaran PKn Kelas V di MIS Nurul Iman Tanjung Morawa

Ramadhani, Wahida (2023) Analisis Pembinaan Etika Peserta Didik Melalui Pembelajaran PKn Kelas V di MIS Nurul Iman Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER WAHIDA RAMADHANI.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB I WAHIDA RAMADHANI.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB II WAHIDA RAMADHANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)
[img] Text
BAB III WAHIDA RAMADHANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB IV WAHIDA RAMADHANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BAB V WAHIDA RAMADHANI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WAHIDA RAMADHANI.pdf

Download (628kB)

Abstract

dilatar belakangi oleh timbulnya etika siswa yang kurang baik di sekolah yang terkait dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang merupakan mata pelajaran wajib agar siswa memiliki etika baik. Karena salah satu tujuan pembelajaran pkn ialah untuk membentuk karakter yang baik terhadap siswa. Peneliti menemukan beberapa permasalahan mengenai etika siswa. Hal ini merupakan pelanggaran etika siswa yang seharusnya tidak terjadi. Penelitian yang digunakan dalam meneliti ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menggunakan penyelidikan, menemukan, menggambar, dan menjelaskan sesuatu yang ada di lapangan dengan tujuan memperoleh gambaran mengenai pembinaan etika siswa melalui pembelajaran PKn. Lantas yang menjadi subjek penelitian yaitu wali kelas V. kemudian dalam proses pengumpulan data didalam penelitian menggunakan tiga teknik pengumpulan adata yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian mengungkan bahwa : 1) Dalam pembinaan etika guru melakukan empat cara dalam membina etika siswa yang memberikan perubahan kepada siswa, diantaranya dengan cara bermain, bercerita, pembiasaan dan suri tauladan; 2) Pembinaan etika masih mengalami kendala dari dua faktor: Internal (siswa dan guru), Eksternal (Sekolah, keluarga dan lingkungan sekitar) dan 3) upaya dalam mengatasi kendala dengan keteladanan, pemberian reward dan punishment kepada siswa. Serta guru yang tidak bosan mengingatkan setiap kesalahan peserta didik dan tidak lemah pantauannya kepada peserta didik

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lemah pantauannya kepada peserta didik Kata Kunci: Pembinaan,
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Apr 2023 05:50
Last Modified: 16 Apr 2023 05:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18858

Actions (login required)

View Item View Item