Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas 4 SD Negeri 101781 Pematang Lalang

Sulanjanah, Rubi (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas 4 SD Negeri 101781 Pematang Lalang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (791kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (248kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: PengaruhModel Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri 101781Pematang Lalang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain Quasy Eksperimen (Eksperimen Semu).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101781 Pematang Lalang.Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Cluster Sampling.Berdasarkan teknik tersebut, maka diperoleh kelas IV A sebagai kelas eskperimen (dengan menggunakan modelPembelajaranBerbasis Masalah) dan kelas IV B sebagai kelas kontrol (dengan menggunakan model pembelajaran konvensional).Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji-test. Temuan penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPS materi keberagaman sumber daya alam di SD Negeri 101781 Pematang Lalang. Hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi dengan nilai 83,2 dibandingkan dengan kelas kontrol dengan nilai 73 .Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji-t dengan diperolehnya nilai signifikansi yaitu thitung> ttabel atau 7,306091 > 2,063899 yang menyatakan diterimanya Ha dan ditolaknya HO. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas IV SD Negeri 101781 Pematang Lalang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ModelPembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Apr 2023 04:37
Last Modified: 16 Apr 2023 04:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18848

Actions (login required)

View Item View Item