Upaya Guru Bimbingan Konseling Terhadap Kemampuan Kontrol Diri Pada Siswa Pecandu Game Mobile Legends di MA Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal

Wahyuni, Seri (2022) Upaya Guru Bimbingan Konseling Terhadap Kemampuan Kontrol Diri Pada Siswa Pecandu Game Mobile Legends di MA Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SERI WAHYUNI-2.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB 1 SERI WAHYUNI.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB 2 SERI WAHYUNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] Text
BAB 3 SERI WAHYUNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
BAB 4 SERI WAHYUNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)
[img] Text
BAB 5 SERI WAHYUNI.pdf

Download (413kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN SERI WAHYUNI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang mengahasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dari perilaku yang dapat diamati dari orangorang. Tujuan penelitian ini untuk membentuk kontrol diri pada siswa pecandu game mobile legends di MA Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Subjek dan objek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru BK dan siswa MA Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Instrumen penelitian adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Upaya merupakan bagian dari peranan yang harus dilakukan oleh seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. Kontrol diri merupakan suatu sikap tentang bagaimana seorang individu dapat mengendalikan emosi yang ada pada diri mereka serta dorongan-dorongan yang menyertainya. Pembentukan kontrol diri dapat dipengaruhi oleh beberapa hal baik karena faktor genetik maupun faktor lainnya. Usia juga mempengaruhi kondisi kontrol diri pada individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang kecanduan game mobile legends di MA Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal tidak dapat mengontrol dirinya saat bermain game. Akibat dari kecanduan game mobile legends siswa bisa membanting hp nya, meninju dinding, berkata kasar atau kotor siswa menjadi pemalas dan menjadikan siswa mengabaikan kewajiban mereka sebagai anak dan sebagai siswa di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian maka upaya yang dilakukan guru BK untuk mengatasi kontrol disi pada siswa pecandu game mobile legends dengan cara terus-menerus memberikan perhatian dan selalu mengingatkan mengenai dampak dan bahayanya game bagi siswa dan melihat bagaimana tahap kecanduan game pada siswa apakah sudah terlihat relatif tinggi ataupun rendah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Kontrol Diri, Game Mobile legends
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Apr 2023 04:44
Last Modified: 14 Apr 2023 04:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18815

Actions (login required)

View Item View Item