Afifah, Nur (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV SD Negeri 107403 Cinta Rakyat Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER WATERMARK.pdf Download (253kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (136kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (85kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA WATERMARK.pdf Download (396kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap keterampilan menulis siswa dengan menggunakan model Cooperative Integrated Readingand Composition (CIRC), dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode komutatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 107403 Cinta Rakyat Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental designya itu bentuk desain eksperimen yang mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untukmengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanan eksperimen. Peneliti menggunakan satu kelas dengan membaginya menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Peneliti menggunakan kelas IVA dengan sampel berjumlah 30 orang, yang dari itu masing-masing kelompok berjumlah 15 orang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas IV SD Negeri 107403 Cinta Rakyat Percut Sei Tuan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan modelCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan menulis siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata siswa. Rata-rata dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) adalah 85. Sedangkan rata- rata dengan metode komutatif adalah 75.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC),KeterampilanMenulis |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 04:40 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 04:40 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18814 |
Actions (login required)
View Item |