Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) Pada Bayi Usia < 6 Bulan Di Puskesmas Nassau Desa Cinta Damai

Pardosi, Nurbaya (2023) Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) Pada Bayi Usia < 6 Bulan Di Puskesmas Nassau Desa Cinta Damai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (672kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (997kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (995kB)

Abstract

Latar belakang: Pemberian makanan yang terlalu dini dan tidak tepat mengakibatkan banyak anak yang menderita kurang gizi.Untuk itu perlu dilakukan pemantauan pertumbuhan sejak lahir secara rutin dan berkesinambungan. Fenomena gagal tumbuh atau growth faltering pada anak Indonesia mulai terjadi pada usia 4-6 bulan ketika bayi diberi makanan selain ASI dan terus memburuk hingga usia 18-24 bulan. MP-ASI mulai diberikan sejak bayi berumur 6 bulan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dan anak selain dari ASI. MP-ASI yang didiberikan dapat berbasis local. Pemberian MP-ASI berbasis makanan lokal dimaksudkan agar keluarga dapat menyiapkan MP-ASI yang sehat dan bergizi seimbang bagi bayi dan anak 6-24 bulan di rumah tangga sekaligus sebagai media penyuluhan.Tujuan Penelitian :Tujuan umum pada penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang dengan pemberian Makanan Pendamping ASI pada bayi usia < 6 bulan di Puskesmas Nassu Desa Cinta Damai. Metetode :Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Penelitian cross sectional.Populasi adalah ibu yang memepunyai bayi usia < 6 bulan di Puskesmas Nassau Desa Cinta Damai dengan jumlah sampel 43 orang. Pengumpulan data berupa pengisian kuisioner serta dokumentasi.Pengolahan data meliputi, editing, koding, entri, dan claning.Analisis data dilakukan dengan menggunakan ujia chi square.Hasil : uji statistic yang diperoleh menunjukkan adanya hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan pemberian MP-ASI pada bayi usia <6 bulan nilai p –value = 0.01 (p=<0.05. Kesimpulan : pada penelitian ini ada terdapat hubungan yang signifikan sesuai dengan nilai sigma yang diperoleh dengan menggunakan uji chi square.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan, Pemberian MP-ASI
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:16
Last Modified: 04 Oct 2023 03:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18805

Actions (login required)

View Item View Item