Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Al-Hidayah Medan

Darmina, Dika (2023) Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Al-Hidayah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (skripsi dika darmina).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I (skripsi dika darmina).pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB II (skripsi dika darmina).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text
BAB III (skripsi dika darmina).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN (skripsi dika darmina).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V PENUTUP (skripsi dika darmina).pdf

Download (314kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN (skripsi dika darmina).pdf

Download (3MB)

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui perencanaan pembelajaran IPS yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam, (2) untuk mengetahui strategi guru dalam proses belajar mengajar pembelajaran IPS yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam, (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IPS di SMP Al-hidayah Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, bidang kesiswaan, guru mata pelajaran IPS dan siswa/siswi SMP Al-hidayah Medan. Setelah data diproses selanjutnya dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran IPS yang digunakan guru SMP Al-hidayah Medan yaitu berupa RPP yang sudah diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam, dan didukung dengan program- program unggulan sekolah yang bernuansa Islam (2) Strategi yang digunakan guru SMP Al-hidayah Medan dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam kedalam mata pelajaran IPS, menggunakan strategi pembelajaran broblem based learning atau pembelajaran berbasis masalah yang merupakan suatu model strategi yang dapat menumbuhkan kreativitas siswa dalam memecahkan suatu masalah-masalah sosial (3) terdapat beberapa faktor pendukung dalam penerapan integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IPS yaitu: situasi dan kondisi lingkungan belajar yang berciri khas Islam, fasilitas yang cukup memadai dan pemahaman guru dalam bidang agama. Serta ada juga faktor penghambat integrasi nilai-nilai islam dalam pembelajaran IPS yaitu: perbedaan karakteristik siswa dan rasa bosan atau jenuh yang dialami peserta didik karena pembelajaran yang padat. Upaya dalam mewujudkan pendidikan yang Islami, peran kepala sekolah sebagai pemimpin sangat diharapkan dalam meningkatkan program-program sekolah maupun pembelajaran yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam. bagi guru atau pendidik diharapkan agar selalu menerapkan pembelajaran yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam khususnya dalam pembelajaran IPS, dan bagi siswa diharapkan bisa belajar dengan baik dan bisa mengatur waktu serta membiasakan diri dengan program-program pendidikan yang bernuansa Islami.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Integration, Islamic Values, Social Studies
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:47
Last Modified: 13 Apr 2023 04:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18787

Actions (login required)

View Item View Item