Perbandingan Antara Penggunaan Metode Drill Dengan Metode Role Playing Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Akhlak Terpuji di kelas VII-2 dan VII-3 MTs Darul Ilmi Batang Kuis

Mawaddah, Alawiya (2022) Perbandingan Antara Penggunaan Metode Drill Dengan Metode Role Playing Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Akhlak Terpuji di kelas VII-2 dan VII-3 MTs Darul Ilmi Batang Kuis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (lampiran).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang perbandingan antara penggunaan metode drill dengan metode role playing terhadap pemahaman siswa pada materi akhlak terpuji di kelas VII-2 dan VII-3 MTs Darul Ilmi Batang Kuis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) bagaimana pemahaman siswa pada materi pelajaran Akhlak Terpuji dengan menggunakan metode Drill di kelas VII-2 dan VII-3 MTs Darul Ilmi Batang Kuis, 2) bagaimana pemahaman siswa pada materi pelajaran Akhlak Terpuji dengan menggunakan metode Role Playing di kelas VII-2 dan VII-3 MTs Darul Ilmi Batang Kuis, 3) terdapat atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara pemahaman pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran Drill dengan pemahaman pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran Role Playing terhadap pemahaman siswa pada materi pelajaran Akhlak Terpuji di kelas VII-2 dan VII-3 MTs Darul Ilmi Batang Kuis. Jenis Penelitian ini berupa Penelitian Kuantitatif. Dengan populasi seluruh siswa kelas VII MTs Darul Ilmi Batang Kuis yang berjumlah 125 siswa dan dibagi menjadi 4 Kelas. Sedangkan teknik pengambilan sampel adalah teknik sampel bertujuan atau purposive sample,dimana teknik sampel bertujuan dilakukan dengan cara melihat nilai rata-rata keseluruhan siswa, dari kelas VII-1 sampai kelas VII-4, setelah itu peneliti akan memilih dua kelas yang nilai rata- ratanya sama-sama rendah untuk dijadikan sebagai sampel, yaitu 2 kelas yang nilai rata-ratanya sama-sama rendah sebagai sampel yaitu di kelas VII-2 (32 siswa) dan VII-3 (30 siswa). Pengumpulan data yang dilakukan dengan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Statistik Inferensial. Dalam Penelitian ini, peneliti memperoleh data bahwa diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata pemahaman siswa antara penggunaan Metode Drill dengan penggunaan Metode Role Playing. Dimana untuk pemahaman siswa post-test penggunaan metode Drill, nilai rata-rata sebesar 12,28 dan penggunana Metode Role Playing diperoleh nilai rata-rata sebesar 13,83 artinya post-test Metode Role Playing > post test Metode Drill. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Role Playing lebih efektif digunakan pada saat pembelajaran materi akhlak terpuji dibandingkan dengan menggunakan metode Drill di kelas VII-2 dan VII-3 MTs Darul Ilmi BatangKuis.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode drill, metode role playing, pemahaman siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:52
Last Modified: 12 Apr 2023 03:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18736

Actions (login required)

View Item View Item