Pengaruh Strategi Active Learning Type Everyone Is a Teacher Here Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia di kelas IV SD Swasta Plus Darul Ilmi Murni Medan Johor

Marhaeni, Sereni Puspita (2021) Pengaruh Strategi Active Learning Type Everyone Is a Teacher Here Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia di kelas IV SD Swasta Plus Darul Ilmi Murni Medan Johor. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SERIN.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB I SERENI PUSPITA MARHAENI.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB II SERENI PUSPITA MARHAENI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] Text
BAB III SERENI PUSPITA MARHAENI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
BAB IV SERENI PUSPITA MARHAENI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
BAB V SERIN.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA + LAMPIRAN SERIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan berbicara sangat penting bagi siswa. Keterampilan berbicara dapat membentuk peserta didik yang kreatif serta cakap berkomunikasi dalam menyampaikan ide dan gagasan dengan runtut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kemampuan berbicara dan pengaruh strategi Active Learning Everyone is a Teacher here terhadap kemampuan berbicara siswa kelas IV SD Plus Swasta Medan Johor.Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen (semu) yang digunakan yaitu pretest-posttest Control Group Design.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Plus Daul Ilmi Murni Medan Johor Tahun Pelajaran 2021/2022.Metode pengumpulan data menggunakan Lembar observasi kemampuan berbicara peserta didik. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif .Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan peningkatan Kemampuan berbicara bahasa indonesia berdasarkan nilai rata-rata kemampuan berbicara bahasa indonesia siswa.Nilai rata-rata untuk kelompok eksperimen awal (pretest) adalah 37,29 meningkat menjadi 87,26 yakni dilihat dari nilai posttest. Sedangkan nilai rata- rata untuk kelompok kontrol awal (pretest) adalah 37,14 meningkat menjadi 79,14 yakni dilihat dari nilai posttest pengujian hipotesis dengan uji T dua pihak, diperoleh thitung > ttabel (3,624 > 2,004). Maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan kemampuan berbahasa Indonesia siswa yang signifikan yang dibelajarkan dengan Strategi Active Learning Everyone is a Teacher Here dibandingkan dengan kemampuan berbahasa Indonesia siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. Strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat digunakan guru sebagai salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Active Learning Everyone is a Teacher Here, Kemampuan Berbicara.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Apr 2023 15:44
Last Modified: 11 Apr 2023 15:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18719

Actions (login required)

View Item View Item