Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Raga Gemini (Ular Tangga Kegiatan Ekonomi dan Jenis-Jenis Pekerjaan) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Asmalia, Asmalia (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Raga Gemini (Ular Tangga Kegiatan Ekonomi dan Jenis-Jenis Pekerjaan) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI ASMALIA 0306182155.pdf

Download (654kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI ASMALIA 0306182155.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI ASMALIA 0306182155.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI ASMALIA 0306182155.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI ASMALIA 0306182155.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI ASMALIA 0306182155.pdf

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI ASMALIA 0306182155.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran sangat memudahkan peserta didik dalam hal belajar karena media dapat membuat hal-hal yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit (nyata). Secara garis besar urgensi media ular tangga dalam proses pembelajaran mempunyai fungsi sebagai berikut: 1) memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalitas sehingga mempermudah siswa dalam memahami pesan yang disampaikan; 2) mengatasi keterbatasan ruang waktu dan daya indera; 3) menarik minat perhatian peserta didik; 4) terciptanya suasana belajar yang menyenangkan pada saat belajar; 5) mengurangi rasa jenuh siswa dalam proses pembelajaran; 6) melatih peserta didik dalam berinteraksi dengan guru dan teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran yang dirancang termasuk dalam kategori layak, praktis dan efektif saat diaplikasikan pada materi pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dan jenis-jenis pekerjaan sehingga mampu dikatakan media tersebut dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu metodologi penelitian research and development (R&D). Populasi penelitian adalah peserta didik UPT Sekolah Dasar Negeri 064968 Medan dengan jumlah sampel 15 orang. Teknik pengambilan sampel didasarkan pada kriteria yang ditetapkan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data dengan lembar validasi, angket dan tes berpikir logis. Alat pengolah data uji validitas menggunakan rating scale, uji kelayakan menggunakan rumus skor total, sedangkan pengolah data uji keefektifan menggunakan rumus N-Gain ternormalisasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengembangan media pembelajaran tematik raga gemini memperoleh persentase 92,85% dari ahli materi, 88% dari ahli media, 90,67% dari pendidik dan 98% dari peserta didik.. Dari hasil pretest dan posttest pada tes kemampuan berpikir logis diperoleh jumlah rata-rata n-gain score sebesar 0,814021164 yang termasuk dalam kategori tinggi. Adapun untuk nilai n-gain score (%) yang diperoleh yaitu sebesar 81,4021164 yang termasuk dalam kategori efektif. Berdasarkan uraian diatas maka media pembelajaran raga gemini yang telah dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi pada penggunaan media dalam pembelajaran IPS. Untuk penelitian selanjutnya, alangkah baiknya peneliti lebih kreatif dalam mengembangkan media ular tangga serta menggunakan metode pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik dapat lebih aktif terlibat pada kegiatan belajar mengajar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, permaianan ular tangga, pembelajaran tematik, kegiatan ekonomi dan jenis-jenis pekerjaan.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:15
Last Modified: 10 Apr 2023 04:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18582

Actions (login required)

View Item View Item