Hubungan Personal Hygiene dengan Kejadian Pediculosis Capitis pada Santriwati Pondok Pesantren Subulussalam Kecamatan Kotanopan Tahun 2021

Desrina, Putri (2022) Hubungan Personal Hygiene dengan Kejadian Pediculosis Capitis pada Santriwati Pondok Pesantren Subulussalam Kecamatan Kotanopan Tahun 2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
PUTDES COVER SKRIPSI.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI PUTDES.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB 2 SKRIPSI PUTDES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
BAB 3 SKRIPSI PUTDES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
BAB 4 SKRIPSI PUTDES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI PUTDES.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI PUTDES.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pediculosis Capitis adalah penyakit yang sering menyerang anak-anak maupun dewasa yang disebabkan oleh infeksi ektoparasit obligat pediculosis humanus var. capitis (kutu kepala/head lice). Parasite ini menginfeksi bagian kulit kepala dan menghisap darah manusia. Kutu kepala dapat menyebabkan penderita merasa gatal yang hebat bahkan dapat timbul infeksi bakteri sekunder akibat garukan dikepala.Tujuan umum pada penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara personal hygiene dengan kejadian pediculosis capitis pada santriwati di Pondok Pesantren Subulussalam Kecamatan Kotanopan. Metode dalam penelitian ini adalah survei analitik dengan desain cross sectional, teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Jumlah sampel 75 santriwati di pondok pesantren Subulussalam dan dianalisis menggunakan uji Chi- Square. Hasil penelitian menunjukkan personal hygiene buruk (34,7%), kejadian Pediculosis capitis berat (29,3%). Kesimpulan penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara personal hygiene dengan kejadian pediculosis capitis (p=0,000). Sehubungan dengan penelitian tersebut, penulis mengharapkan kepada pihak pesantren supaya lebih menjaga personal hygiene atau kebersihan diri terutama kebersihan kulit, kebersihan pakaian, dan kebersihan rambut, juga menambah pengetahuan tentang personal hygiene dan kejadian pediculosis capitis.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Personal Hygiene, Pediculosis Capitis.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 29 Mar 2023 05:22
Last Modified: 29 Mar 2023 05:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18318

Actions (login required)

View Item View Item