Peran Guru IPS Dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIII Mts Swasta Cendekia Medan

Munawar, Munawar (2021) Peran Guru IPS Dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIII Mts Swasta Cendekia Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1.COVER-1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
5.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (182kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (839kB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang, Peran Guru IPS Dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIII Mts Swasta Cendekia Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di Mts Swasta Cendekia Medan Helvetia Kota Medan. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Ips, dan siswa. Melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Peran guru IPS dalam meningkatkan sikap nasionaliseme siswa kelas VIII di MTs Swasta Cendikia Medan adalah sebagai berikut: guru menjadi pembimbing bagi siswanya, atau dapat juga memberikan bantuan terhadap siswanya ketika siswanya mengalami kesusahan. (2) Sikap nasionalisme dalam hal rela berkorban, sikap rela berkorban yang dilakukan di sekolah seperti membersihkan kelas, meskipun sebenarnya bukan waktunya membersihkan. (3) Sikap Nasionalisme dalam hal menghargai jasa para pahlawan, sikap disiplin ini bisa dilihat dari keseharian mereka dalam pembelajaran, dan bentuk penghargaan lain terhadap para pahlawan yang lain adalah dengan siswa selalu mengikuti upara bendera di sekolah. (4) Media yang digunakan guru dalam membentuk sikap nasionalisme siswa kelas VIII MTs Swasta Cendikia Medan dari hasil penelitian yaitu: (a) Strategi Pembelajaran (b) Media Pembelajaran (c) Evaluasi (d) Ekstrakurikuler. (4) Kendala-kendala antara lain latar belakang keluarga siswa yang berbeda-beda, Faktor keluarga mengambil peranan penting dalam membentuk karakter siswa yang bernasionalis. Faktor lingkungan pergaulan siswa menjadi masalah yang sering guru ips hadapi. peran guru dalam memberikan nilai-nilai nasionalisme akan terhalang oleh faktor lingkungan. Perkembangan globalisasi yang mempunyai pengaruh negatif pada siswa, seperti penggunaan internet berpengaruh pada sikap dan moral siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:55
Last Modified: 20 Mar 2023 03:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18222

Actions (login required)

View Item View Item