Pengaruh Strategi Pembelajaran Learning Strat A Question Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa di SD Negeri 017106 Kisaran Naga

Natasha, Anis (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Learning Strat A Question Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa di SD Negeri 017106 Kisaran Naga. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. Anis Cover.pdf

Download (592kB)
[img] Text
2. Anis Bab I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
3. Anis Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
4. Anis Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
5. Anis Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
6. Anis Bab V.pdf

Download (144kB)
[img] Text
7. Anis Dapus dan Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengarus strategi learning start a question terhadap kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik di kelas V Sd Negeri 017106 Kisaran Naga. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA di kelas V Sd untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh signifikan terhadap strategi learning start a question terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas V Sd Negerei 017106 Kisaran Naga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen yang dilakukan di kelas V SD Negeri 017106 Kisaran Naga. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas V -A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 19 orang, dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 18 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik yang diajar dengan menggunakan strategi learning strat a question dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V Sd Negeri 017106 Kisaran Naga, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi learning start a question terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari nilai pretest dan post test peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran learning start a question adalah 80,5. Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran konvensional adalah 73,3. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel atau 6, 096 > 1, 739, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran learning start question.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Strategi Learning Start A Question, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Mar 2023 07:53
Last Modified: 14 Mar 2023 07:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18139

Actions (login required)

View Item View Item