Pengaruh Model Group Investigation dan Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII di SMPS Nurul Hasanah T.A 2022/2023

Rianto, Lisa Arrahmah (2022) Pengaruh Model Group Investigation dan Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII di SMPS Nurul Hasanah T.A 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB II-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img] Text
BAB III (1) (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (353kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (459kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Group Invvestigation dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan si SMP Swasta Nurul Hasanah Tembung dengan sampel yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII-1 (kelas yang menggunakan model Group Investigation) sebanyak 30 siswa dan kelas VIII-2 (kelas yang menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition) sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Teknik pengambilan sample dengan cara Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar tes. Analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t test dan uji independent t test. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan T hitung > T tabel atau 61,48 > 2,045 dengan nilai rata-rata 84,07, (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan hitung > T tabel atau 111,92 > 1,699 dengan nilai rata-rata 77, (3) Terdapat perbedaan model Group Investigation dan Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan T hitung > T tabel atau 2,638 > 1,699. Jika dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen I yang diberikan perlakuan dengan model Group Investigation lebih baik daripada kelas eksperimen II yang diberikan perlakuan dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:22
Last Modified: 08 Mar 2023 07:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18034

Actions (login required)

View Item View Item