Niswah, Ainun (2021) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas II SD Swasta Karya Bunda Mandiri Medan Tahun Ajran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Cover dan lainya ok.pdf Download (525kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (305kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (98kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses belajar mengajar membaca permulaan, faktor-faktor kesulitan siswa dalam membaca permulaan dan solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca permulaan di kelas II SD Swasta Karya Bunda Mandiri Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif dan dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Data bersumber dari guru, kepala sekolah dan siswa kelas II SD Swasta Karya Bunda Mandiri. Teknik pengupulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumntasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik yang dinyatakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Data penelitian diperiksa keabsahannya dengan memakai triangulangi sumber dan metode. Temuan penelitian ini menunjukkan 1) Proses belajar mengajar membaca permulaan guru menekankan pada penyambungan kata dalam bentuk kalimat sederhana, menggunakan metode eja dan suku kata. Dalam proses belajar membaca permulaan siswa sulit dalam melafalkan huruf konsonan, membaca huruf digraf, membedakan huruf yang mirip, menghilagkan huruf kekita membaca kata, sulit dalam membaca kata yang berimbuhan, tidak menggunakan tanda baca, membaca dengan terbata-bata dan sulit dalam memahami isi bacaan. 2) Faktor kesulitan yang menghambat siswa dalam membaca prmulaan di kelas II terdiri dari faktor intermal dan faktor eksternal dari siswa. Faktor internal meliputi faktor fisik, intelegensi, minat dan motivasi siswa. Faktor ekseternal dari siswa meliputi faktor keluarga dan faktor sekolah. 3) Solusi guru mengatasi kesulitan siswa dalam membaca permulaan dengan mengadakan jam tambahan, memberikan perhatian lebih bagi siswa yang masih memiliki kesulitan dalam membaca permulaan, menyuruh siswa untuk mengulang-ulang bacaan dengan belajar membaca dirumah, mengajar dengan menggunakan metode yang bervariasi dan menyiapkan media pembelajaran yang menarik.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Kualitatif, Kesulitan Membaca Permulaan, Siswa Kelas II SD |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 04:00 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 04:00 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18023 |
Actions (login required)
View Item |