Pengembangan Kitab Matan Al-Jurmiyah Dengan Menggunakan Media Video Dalam Mata Pelajaran Nahwu Pada Kelas VII MTs Bina Santri Medan.

Hasibuan, Nur Azizah (2021) Pengembangan Kitab Matan Al-Jurmiyah Dengan Menggunakan Media Video Dalam Mata Pelajaran Nahwu Pada Kelas VII MTs Bina Santri Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
الباب الرابع.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (334kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Nur.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 7) Menghasilkan media video mata pelajaran nahwu untuk siswa kelas VII MTs Bina Santri Medan, 2) Menjelaskan kelayakan media video dengan kitab matan al-jurmiyah mata pelajaran nahwu untuk siswa kelas VII MTs Bina Santri Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs sebanyak 77 siswa dan objek penelitian adalah media video dengan kitab matan al-jurmiyah mata pelajaran nahwu di MTs Bina Santri. Model pengembangan penelitian ini mengacu pada prosedur ADDIE yang terdiri atas 5 tahap, yaitu : Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, dan tes. Penilaian kelayakan media video melibatkan validator terdiri atas ahli materi dan ahli media, uji coba terhadap siswa kelas VII MTs Bina Santri Medan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa : 7) Dihasilkannya media vieo dengan kitab matan al-jurmiyah mata pelajaran nahwu untuk siswa kelas VII yang sesuai dengan materi dalam silabus dan RPP yang diterapkan di MTs Bina Santri Medan, 2) Media video pembelajaran layak digunakan untuk siswa kelas VII MTs Bina Santri Medan dari aspek media dan aspek materi. Kelayakan media video pembelajaran berdasarkan penilaian validator mencapai persentasi sebesar 900, maka media video ini dinyatakan layak untuk diujikan kelapangan. Dari uji coba hasilnya adalah 39,7% tergolong dalam kategori layak, sehingga menyatakan media video mata pelajaran nahwu menyulam layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas VII MTs Bina Santri Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Kitab matan al-jurmiyah, Media video, Nahwu.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:55
Last Modified: 08 Mar 2023 03:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18021

Actions (login required)

View Item View Item