Upaya Guru Dalam Mengembangkan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Barumun

Tanjung, Rahmi Puspa Sari (2021) Upaya Guru Dalam Mengembangkan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Barumun. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER RAHMI PUSPA SARI.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text
BAB IV RAHMI PUSPA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text
BAB V RAHMI PUSPA SARI.pdf

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk: 1) TK Negeri Pembina, melihat seperti apa perilaku prososial pada anak usia 5-6 tahun, 2) Upaya apa yang dilaksanakan guru untuk meningkatkan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun Mengetahui apa yang terjadi di TK Negeri Pembina. Penelitian ini memakai metodologi deskriptif dan bersifat kualitatif. Guru kelas B dan administrator sekolah menjabat sebagai subjek penelitian. Peneliti memakai teknik wawancara dan observasi untuk mengumpulkan data. Meskipun metode analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data dari temuan penelitian, analisis itu sendiri mencakup tiga alur analisis yang saling berhubungan: reduksi data, penyajian data, dan penyusunan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini yakni 1) Perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Barumun yakni membagi, kerjasama, menyumbang, dan menolong. 2) Upaya yang dilaksanakan guru-guru untuk mengembangkan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Barumun yakni Pertama menjadi motivator, guru menjadi motivator agar anak termotivasi akan selalu berperilaku baik dalam lingkungan sosialnya. Kedua menjadi modelling, guru dapat berperan menjadi modelling agar dapat ditiru oleh peserta didik. Ketiga mengajak anak melaksanakan aksi sosial, seperti mengunjungi panti asuhan dan menyumbangkan sebagian rezeki kepada orang yang membutuhkan. Keempat yakni penegakan tata tertib sekolah, melaksanakana pembiasaan tata tertib setiap hari agar pembentukan sikap dan kepribadian anak berjalan optimal

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Perilaku Prososial Anak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Mar 2023 08:59
Last Modified: 03 Mar 2023 08:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17990

Actions (login required)

View Item View Item