Analisis Gender Tentang Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Pada Siswa SMP Negeri 14 Medan

Asari, Indri (2022) Analisis Gender Tentang Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Pada Siswa SMP Negeri 14 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover .pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
BAB III (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian analisis yang bertujuan untuk mengetahui bentuk kecemasan yang dirasakan siswa serta adanya perbandingan kecemasan antara siswa perempuan dan siswa laki-laki dalam pembelajaran matematika. Tempat dan waktu penelitian adalah SMP Negeri 14 Medan. Populasi penelitian ini adalah kelas IX A yang terdiri dari 28 orang dan wawancara akan dilaksanakan dengan 10 orang peserta didik dengan 5 laki-laki dan 5 perempuan, diambil berdasarkan 3 siswa rangking teratas, 3 siswa rangking terendah dan 4 siswa lainnya yang berkemampuan standar. Teknik dalam mengumpulkan data analisis adalah menyebarkan kuesioner ke seluruh siswa yang ada pada kelas tersebut. Lalu sebagai tolak ukur utama dalam gender mewawancarai 10 orang siswa yang sudah dipilih berdasarkan kreteria. Peneliti menyebarkan kuesioner analisis untuk mendapatkan data kecemasan siswa SMP Negeri 14 Medan. Peneliti melakukan wawancara kepada perwakilan siswa sebanyak 10 siswa, dilakukan untuk melihat bagaimana perbedaan kecemasan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Hasil dari penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 14 Medan kelas IX A yang mengadopsi kecemasan lebih terletak kepada pikiran siswa terhadap pembelajaran matematika. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1)kecemasan siswa terhadap pembelajaran matematika muncul karena adanya ketidaktahuan dan tidak paham terhadap materi pembelajaran matematika, (2)kecemasan yang dirasakan siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan kecemasan siswa laki-laki. Kecemasan merupakan salah satu faktor emosional siswa. Kecemasan adalah salah satu alasan mengapa hubungan interpersonal yang tepat sangat penting dalam memahami matematika. Hal ini dikarenakan bahwa kecemasan itu sendiri dapat meningkat, bersifat subjektif, dan menyulitkan pemahaman. Biasanya siswa perempuan lebih merasakan cemas terhadap pembelajaran matematika dikarenakan adanya stimulus terhadap apa yang dipikirkan pada sesuatu yang belum terjadi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Mar 2023 06:27
Last Modified: 03 Mar 2023 06:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17974

Actions (login required)

View Item View Item