Pengembangan LKPD Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Utamy, Annisa Khairu (2021) Pengembangan LKPD Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (370kB)
[img] Text
bab i nisa.pdf

Download (670kB)
[img] Text
bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
bab iii-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (393kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan dalam pembelajaran matematika di sekolah MTs Nurul Ikhwan Tanjung Morawa yaitu sumber belajar yang monoton dan fasilitas belajar yang kurang memadai yang menyebabkan siswa kurang menarik minat dan movivasi dalam belajar. Sumber belajar yang digunakan juga tidak memuat tujuan pembelajaran yang merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses pembelajaran. Kurangnya pemahaman siswa yang menyebabkan hasil belajar siswa yang rendah juga disebabkan karena siswa masih menghafal dan hanya terpaku pada rumus yang diberikan oleh guru. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu adanya sumber belajar yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Salah satunya adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan kontekstual. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan kontekstual pada materi sistem persamaan linier dua variabel yang valid, praktis dan efektif untuk dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research & Development (R & D) dengan model 4D. Rancangan penelitian dilakukan melalui 4 tahapan yaitu (1) Tahap pendefinisian (Define) yang dilakukan dengan wawancara terhadap guru matematika, analisis siswa, analisis buku matematika, analisis konsep, analisis tujuan pembelajaran dan analisis hasil belajar siswa. (2) Tahap perancangan (Design) meliputi; pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. (3) Tahap pengembangan (Develop) terdiri dari validasi, kepraktisan serta keefektifan lembar kerja peserta didik dengan pendekatan kontekstual yang dikembangkan pada materi sistem persamaan linier dua variabel. (4) Tahap penyebaran (Disseminate). Karena keterbatasan waktu dan biaya menyebabkan peneliti hanya melakukan penelitian sampai tahap pengembangan (Develop). Hasil penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan kontekstual yang dirancang valid dengan nilai rata-rata terhadap dosen ahli media adalah 4,15 katagori baik, dosen ahli materi 4,3 katagori baik, dan guru matematika adalah 4,3 dengan katagori sangat baik. LKPD yang dikembangkan praktis dengan presentase hasil jawaban angket respon siswa sebesar 90%. Selain itu, LKPD dengan pendekatan kontekstual ini dinyatakan efektf berdasarkan ketuntasan klasikal sebesar 88%. Dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat berdasarkan nilai N-Gain terhadap hasil pre test serta post test siswa yaitu sebesar 0.73 yang berkatagori tinggi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:49
Last Modified: 02 Mar 2023 08:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17947

Actions (login required)

View Item View Item